Tips Untuk Belajar Bahasa Inggris

Tips Untuk Belajar Bahasa Inggris

Bagi sebagian orang, belajar Bahasa Inggris mungkin menjadi momok menyulitkan ketika di sekolah. Bahkan sudah mati-matian belajar tapi tak kunjung bisa juga. Tapi bagi Sebagian orang lagi mungkin sangat lancar berbicara Bahasa Inggris seperti berbicara dengan menggunakan bahasa ibu. Apa sebenarnya yang membedakan mereka ? Mengapa yang satunya begitu sulit berbicara bahasa Inggris?, sedangkan yang satunya malahan begitu lancar berbahasa Inggris?. Lantas, bagaimanakah cara mudah belajar bahasa Inggris?. Adam Hidayat, seorang pemilik lembaga kursus bahasa inggris bernama Mantika Languange dan Master Hypnoactivespeech mencoba mengidentifikasi kendala tersebut.

 “Berdasarkan hasil pengamatan kami bahwa permasalahan di dalam belajar bahasa Inggris bukan hanya terjadi pada kemampuan menguasai bahasa Inggris itu sendiri melainkan terjadi pula pada mental si pembelajar. Kendala-kendala dalam diri tersebut sering kali men-sabotase atau menghancurkan keyakinan diri dan menggoyahkannya. Hambatan-hambatan mental atau dapat di katakan dengan mental block menurut definisi dari Collins English Dictionary adalah “ketidakmampuan untuk mengingat atau berfikir sesuatu yang secara normal sebenarnya mampu Anda lakukan yang sering kali terjadi disebabkan karena tingginya luapan emosi”. Secara normal diri Anda dan orang lain mampu melakukannya namun Anda tidak mampu melakukannya karena ada luapan emosi yang menghalanginya. Bagi orang lain yang sudah memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris namun saat ini terlalu malu misalkan atau terlalu takut bisa di katakan ada mental block yang menjadi penghambatnya,”ungkapnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Adam punya metode untuk memecahkannya.
“Ada dua tahapan atau langkah perubahan yang harus di ambil untuk kemudian di kerjakan dan di praktekan dalam kehidupan Anda sehari-hari sehingga menjadikan  sebuah lompatan besar bagi diri Anda untuk mampu berkomunikasi dengan berbahasa Inggris.” Kata adam.

Adam dan kawan-kawannya di Mantika Language mencoba membagi dua kelompok besar permasalahan dan hambatan tersebut, yaitu kendala software (mental block) dan kendala hardware (grammer, tense, speaking, vocabulary). Untuk memecahkan secara bersamaan permasalahan tersebut Adam akhirnya menciptakan Metode yang dinamakan dengan Hypnocative Speech yaitu aktivasi komunikasi bahasa Inggris dengan teknologi Hipnosis dan Neural Language Program (NLP). Metode pembelajaran ini menggabungkan dua sisi faktor penentu keberhasilan dalam berbahasa asing. Pertama sisi dalam diri pembelajar (mental) dan yang kedua sisi cara (strategi) bagaimana pembelajar memperoleh materi untuk kemudian di aplikasikan atau di komunikasikan.


Sisi mental akan membahas bagaimana menemukan kelemahan dan meningkatkan kekuatan mental, daya pikir, kemampuan diri, memaksimalkan potensi diri,  serta melepas belenggu-belenggu atau hambatan di dalam belajar bahasa Inggris. Ada beberapa teknik yang dapat di gunakan untuk menghilangkan mental block yang dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan therapist.
Diantaranya ialah, pertama  merangkai mental positif. Misalnya mental positif dari tidak percaya diri menjadi lebih percaya diri, mental positif dari malu menjadi berani, dan seterusnya. Selanjutnya yang kedua  ialah Reframing atau membingkai ulang atau me-reframe. Lalu apa yang dibingkai ulang? Yaitu makna dari kejadian yang Anda alami khususnya yang tidak memberdayakan atau memiliki mental block.

Ketiga Bertanya Kepada Diri Sendiri (Meta Model) yaitu rangkaian proses yang terjadi secara bersamaan dan berkesinambungan tersebut muncul ke dalam permukaan dalam bentuk ucapan yang telah terpotong. Oleh karena itu bagaimana caranya mengembalikan bagian-bagian yang terpotong tersebut untuk di perjelas maknanya sehingga mampu memberikan efek therapi. Terakhir adalah Visualisasi dengan submodality yaitu gambar, suara dan perasaan yang timbul pada saat mengingat kejadian di namakan dengan submodalitas dari sebuah peristiwa.

Sisi metodologi akan membahas bagaimana  materi pembelajaran mampu di serap dengan mudah, lebih cepat, lebih lama untuk menetap di dalam memori otak, serta teknik-teknik bagaimana penggunaannya untuk komunikasi bahasa Inggris. Manfaat menggunakan methodologi Hypnocative Speech diantaranya ialah, terjadinya peningkatan kesadaran diri akan pentingnya memiliki skill berbahasa Inggris yang timbul dari luar dan dari dalam diri. Selanjutnya memiliki formula atau perangkat pemberdayaan diri yang mampu meningkatkan performa diri, yaitu beberapa langkah serta cara agar bisa nyaman jika harus mempelajari bahasa Inggris kapanpun dan dimanapun. eboza.com

Beda dengan metodologi pembelajaran bahasa Inggris lain yang umunya hanya bisa di pelajari dalam kondisi tertentu saja seperti di dalam kelas. Methodologi Hypnocative Speech Mampu mengetahui dan mengidentifikasi hambatan di dalam diri  untuk kemudian memaksimalkannya untuk keberhasilan pembelajaran. Serta mampu menyerap materi pelajaran lebih cepat. Methodologi Hypnocative Speech juga akan menimbulkan kemampuan berbahasa inggris secara otomatis karena diprektekan secara langsung. Metode ini juga memiliki dan memahami metode pembelajaran yang tepat dan berdaya guna untuk diri sendiri. Serta mampu bertahan dan di serap lebih lama di dalam otak.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Pak Lurah dan Tukang Somay, Published at 4:34 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment