Jadwal Keberangkatan Kereta Api Dari Malang Berubah

Jadwal Keberangkatan Kereta Api Dari Malang Berubah

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 8 merubah jadwal seluruh pemberangkatan kereta api, yang berdampak jadwal pemberangkatan lima kereta api dari Malang.

Humas PT KAI Daop 8, Sumarsono mengatakan, perubahan jadwal pemberangkatan yang diberlakukan 1 April 2013 berdasar surat Kementerian Perhubungan, Dirjen Perkeretaapian yang ditetapkan 25 Februari 2013.

Perubahan tersebut berlaku untuk kereta jarak menengah dan jarak jauh, serta mempertimbangan sejumlah faktor. Antara lain penambahan jumlah perjalanan kereta api, memenuhi kebutuhan pasar dan sinergi dengan moda transportasi lain. “Ada jalur ganda baru yang sudah bisa dimanfaatkan, dan itu mempengaruhi waktu tempuh yang lebih singkat,” terang Sumarsono.

Di Daop 8, ada 28 pemberangakatan kereta enam di antaranya dari Kota Malang. Yaitu KA Gajayana, Malabar, Mutiara Selatan, Majapahit, Matarmaja dan KA Tawang Alun. Eboza.com

Dari enam kereta tersebut, hanya KA Tawang Alun yang tidak mengalami perubahan. Jadwal baru KA Gajayana berangkat pukul 15.00 WIB, KA Malabar pukul 12.45 WIB, KA Malioboro pukul 17.00 WIB, KA Majapahit pukul 13.45 WIB, KA Matarmaja berangkat pukul 16.00 WIB.

“Perubahan ini sudah kami aplikasikan pada pembelian tiket secara online. Jadi masyarakat otomatis mendapatkan jadwal pemberangkatan yang baru,” tambahnya.

Dikatakan Sumarsono, perubahan ini sangat mempengaruhi waktu tempuh yang semakin cepat. Misalkan, KA Gajayana yang berangkat dari Malang lebih cepat 33 menit dibanding jadwal sebelumnya. Sementara dari Jakarta, kereta ini lebih cepat 44 menit tiba di Malang. “Ada banyak stasiun kecil yang dilewati dan dikonsentrasikan di stasiun besar, sehingga menghemat waktu untuk berhenti,” katanya.

JADWAL BARU PEMBERANGKATAN KA DARI STASIUN KOTA BARU MALANG
NAMA KA JAM BERANGKAT
KA Gajayana 15.00 WIB
KA Malabar 12.45 WIB
KA Malioboro 17.00 WIB
KA Majapahit 13.45 WIB
KA Matarmaja 16.00 WIB



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Pak Lurah dan Tukang Somay, Published at 5:28 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment